Makeup Tips

Ini 10 Urutan Make Up yang Benar dan Simple untuk Pemula

Ini 10 Urutan Make Up yang Benar dan Simple untuk Pemula

Bagi kamu yang pemula, belajar merias wajah dengan produk make up bisa jadi membuatmu sangat bersemangat, tapi pada saat bersamaan juga membuat bingung. Sebagai pemula, lebih disarankan untuk merias wajah dengan cara yang simpel dan mendasar terlebih dahulu, kemudian belajar riasan yang lebih advance setelah menguasai yang dasar dengan baik dan benar. Seperti apa urutan make up yang benar untuk pemula? Pelajari di sini, yuk. 

 

 

Persiapkan Wajah Terlebih Dahulu

Banyak pemula yang tidak sadar kalau riasan wajah yang bagus dan tahan lama itu tidak hanya disebabkan oleh pilihan produk make up, tapi juga oleh kondisi kulitnya. Kalau kondisi kulitnya kurang oke karena tidak terawat, bisa-bisa produk make up yang diaplikasikan malah bermasalah, seperti tidak mau menempel, longsor, cracking (retak), dan creasing (menggumpal di garis-garis dan lipatan wajah). 

Sebelum mulai merias wajah, kamu disarankan untuk mengaplikasikan produk-produk skincare terlebih dahulu supaya kulit bersih dan lembap. Bersihkan dulu wajahmu memakai facial wash atau micellar water, lalu kamu bisa pakai serum atau langsung pakai pelembap. Setelahnya, jangan lupa untuk aplikasikan sunscreen jika kamu merias wajah pada pagi atau siang hari.  Beri jeda waktu sekitar 5-10 menit agar produk-produk skincare yang kamu aplikasikan bisa meresap atau set di kulit wajah, baru mulai merias wajah.  

Baca Juga: 5 Fungsi Serum Wajah Sesuai dengan Permasalahnya

10 Urutan Make Up yang Benar dalam Merias Wajah Pemula

Tidak perlu ribet, 10 langkah dan urutan memakai make up ini cukup untuk kamu yang pemula. Pilih rangkaian make up yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu agar riasan wajahmu tidak bermasalah. 

 

1. Primer

Banyak yang melewati urutan pakai make up ini karena merasa tidak perlu pakai primer. Padahal, primer dapat membuat tekstur wajahmu menjadi halus dan menyamarkan tampilan pori-pori yang besar. Kulit wajahmu jadi kanvas yang sempurna untuk aplikasi make up. 

Rekomendasi produk: Maybelline Fit Me Matte + Poreless Primer.

 

2. Foundation

Langkah selanjutnya dalam urutan make up yang benar adalah aplikasi foundation. Aplikasikan foundation sedikit dahulu secara merata di seluruh wajah, baru tambahkan layer baru jika dirasa masih kurang. Ini akan mencegah foundation menjadi cakey karena kebanyakan. Gunakan spons atau kuas foundation untuk aplikasinya; ratakan produk dengan cara ditepuk-tepuk (jangan diseret) dengan sedikit ditekan agar dapat menempel dengan baik. 

Rekomendasi: Maybelline Fit Me Matte + Poreless Liquid Foundation.

 

3. Concealer

Jika ada noda di kulit wajahmu, misalnya karena sedang berjerawat, ada noda bekas jerawat, atau masalah mata panda, maka step make up yang benar selanjutnya adalah aplikasi concealer. Bubuhkan concealer secukupnya hanya di area yang bermasalah, lalu baurkan dengan spons atau kuas.

Rekomendasi: Maybelline Fit Me Liquid Concealer.

 

4. Bedak

Urutan make up yang benar selanjutnya untuk complexion adalah mengunci foundation dan concealer agar tidak bergeser dengan aplikasi bedak. Manfaat lain pemakaian bedak adalah membantu menyerap minyak berlebih di wajah, terutama di area T (dahi, hidung, dan dagu). Kamu bisa gunakan bedak tabur atau bedak padat dan bubuhkan tipis-tipis di seluruh wajah menggunakan kuas bedak. 

Rekomendasi: Maybelline Fit Me 12-Hour Oil Control Powder.

 

5. Eyeliner

Untuk pemula, produk eyeliner yang paling disarankan adalah eyeliner pensil karena lebih mudah dipakai dan dapat dihapus dengan cepat jika aplikasinya berantakan. Sebaiknya hindari dulu ingin membuat winged atau cat eyeliner karena tergolong sulit untuk pemula, cukup classic eyeliner saja untuk membingkai mata di bagian atas.  

Rekomendasi: Maybelline Tattoo Liner 48H Pen Eyeliner.

 

6. Maskara

Untuk sehari-hari, kamu bisa pilih maskara yang dapat membantu bulu matamu tampak lebih panjang, lentik, atau lebat. Tips make up agar bulu mata tetap terlihat natural, kamu cukup pulaskan satu kali saja saat aplikasi maskara. Jepit dulu bulu mata sebelum aplikasi maskara selama 20 detik agar bulu mata lentik maksimal.

Rekomendasi: Maybelline Volum Express Hypercurl Waterproof Mascara.

 

7. Pensil alis

Agar praktis, kamu bisa pilih pensil alis mekanik karena tak perlu diraut dan dilengkapi spoolie untuk membantu membaurkan saat aplikasi. Gunakan pensil alis untuk membentuk dan mengisi bagian tengah ke belakang alis, sementara bagian depan cukup diberi detail dengan membuat goresan seperti bulu alis lalu dibaurkan.

Rekomendasi: Maybelline Tattoo Brow 36H Pencil.

 

8. Blush on

Produk make up ini dapat membantu wajahmu terlihat segar merona. Karena itu, untuk urutan make up yang benar selanjutnya, aplikasikan blush on di sepanjang tulang pipi ke arah pelipis, lalu baurkan memakai kuas besar agar terlihat natural. 

Rekomendasi: Maybelline Fit Me Blush.

 

9. Pewarna bibir

Dari pipi, urutan make up yang benar berlanjut ke bibir. Kalau ingin tampil trendi dengan bibir yang glossy dan plumpy, kamu bisa pilih tinted lip gloss, lip tint, atau lip vinyl. Semua produk ini berbentuk cair, karena itu kamu harus belajar mengaplikasikannya dengan rapi di dalam garis bibir.

Rekomendasi: Maybelline Lifter Gloss.

 

10. Setting spray

Urutan make up yang benar terakhir adalah menyemprotkan setting spray untuk mengunci keseluruhan hasil aplikasi make up agar tidak bergeser dan tahan lama, serta wajah tidak berminyak. Semprotkan setting spray dari jarak 20-25 cm di depan wajah. 

 Rekomendasi: Maybelline Fit Me Setting Spray.

 

Maybelline Fit Me Fresh Tint, Produk Alternatif Foundation

Kalau kamu merasa memakai foundation untuk sehari-hari terlalu berat, maka kamu bisa menggantinya dengan face tint dari Maybelline, yaitu Maybelline Fit Me Fresh Tint. Face tint ini teksturnya cair yang ringan sehingga kulit wajah dapat bernapas dan nyaman untuk dipakai seharian.

Maybelline Fit Me Fresh Tint punya formula 3 in 1 yang memberi tiga manfaat, yang pertama adalah coverage natural dengan hasil akhir soft matte dan bercahaya yang bisa bertahan seharian. Manfaat kedua didapat dari kandungan Vitamin C yang dapat membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat serta mencerahkan kulit secara instan dan dari waktu ke waktu. Sedangkan manfaat ketiga dari kandungan SPF 50 dan PA+++ yang memberi perlindungan optimal terhadap sinar UV dari matahari.

Karena bersifat non-comedogenic, maka Maybelline Fit Me Fresh Tint tidak menyumbat pori-pori, sehingga bisa dipakai oleh semua jenis kulit, termasuk kondisi kulit rentan berjerawat dan kulit sensitif. Ada 10 shade yang bisa dipilih, baik untuk kulit cerah, kuning langsat, dan sawo matang. 

Setelah mempelajari urutan make up yang benar dan simpel serta mendapat rekomendasi produk yang sesuai untuk pemula dari Maybelline, kamu bisa langsung praktik merias wajah! Kamu bisa dapatkan dan beli Maybelline Fit Me Fresh Tint secara online di website resmi Maybelline Indonesia atau official store Maybelline yang ada di marketplace/e-commerce. Produk ini juga bisa didapatkan di gerai Maybelline yang ada di pusat perbelanjaan, drugstore, toko kosmetik, dan supermarket terdekat.