Face Makeup Tutorials

Pentingnya Manfaat SPF untuk Menuju Kulit Sehat di Kemudian Hari

248 APA ITU SPF DAN PENTINGNYA FORMULA INI DI PRODUK MAKE UP

 

Anjuran tentang pentingnya memakai sunscreen setiap hari semakin kencang digaungkan. Walau kulit orang Indonesia cenderung tidak mudah terbakar, tapi sebenarnya bisa cepat menggelap, jadi tetap harus dilindungi dengan sunscreen. Tak hanya itu, pemakaian sunscreen dengan kandungan lengkap SPF dan PA setiap hari juga penting untuk menuju kulit sehat di masa depan, karena sunscreen punya banyak manfaat untuk kulit. 

Bahaya Sinar UV dari Matahari bagi Kulit

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang bahayanya sinar UV yang terdapat di sinar matahari bagi kulit. Karena itu, untuk menuju kulit sehat, paparan sinar matahari yang intens dan dalam jangka waktu panjang harus dihindari. Sinar UV dari matahari yang sampai ke permukaan Bumi itu ada dua, yaitu sinar UVA dan UVB. Dua-duanya bisa merusak kulit kamu dengan cara berbeda, yaitu:

  • Sinar UVA, sering disebut dengan sinar UV aging, dapat masuk ke dalam lapisan kulit kemudian merusak sel-sel kulit serta jaringan kolagen dan elastin. Ini yang membuat kulit wajah mengalami penuaan dini dalam bentuk garis-garis halus, kerutan, noda hitam, serta kulit menjadi lebih kendur dan berkurang elastisitasnya. Dampak sinar UVA biasanya tak langsung terlihat, tapi begitu sudah muncul, sulit untuk diperbaiki.
  • Sinar UVB, juga disebut dengan sinar UV burning karena dapat membuat permukaan kulit terbakar dan rusak dengan cepat. Sinar UVB memiliki gelombang yang pendek sehingga tidak bisa masuk ke lapisan kulit, tapi intensitasnya tinggi sehingga daya rusaknya lebih kuat. Dalam hitungan jam, kulit kamu bisa berubah menjadi kering, kusam, memerah, dan terbakar atau berubah warna menjadi gelap (tan). 

Manfaat SPF dan PA bagi Kulit

Karena kemampuannya yang besar dalam merusak kulit, maka sinar UV dari matahari jadi musuh nomor satu kulit, lho. Karena itu, semua orang dengan warna kulit apa pun sangat disarankan memakai sunscreen setiap hari untuk menuju kulit sehat dan mencegah kerusakan kulit. Nah, agar perlindungan yang diberikan optimal, sunscreen yang kamu pakai harus memberi perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB dengan filter berupa SPF (Sun Protection Factor) dan PA (protection grade of UVA).

Apa itu SPF? SPF adalah salah satu filter terhadap sinar UV dan manfaat SPF untuk kulit adalah memberi perlindungan terhadap sinar UVB. Biasanya, penulisan SPF di produk skincare atau make up diikuti dengan angka yang merupakan level perlindungannya. SPF 15 dapat melindungi kulit dari 93% radiasi sinar UVB, sedangkan SPF 30 memberi perlindungan sampai 97%. SPF 50 adalah filter yang dapat memberi perlindungan sampai 98% radiasi sinar UVB. Jadi kamu jangan keliru ya, angka yang mengikuti tulisan SPF bukan menunjukkan jumlah waktu perlindungan yang diberikan.

Selain SPF, ada pula filter sinar UV yang umum digunakan di Indonesia, yaitu PA. Beda dari SPF yang level perlindungannya memakai angka, maka PA memakai tanda +. Biasanya tanda + yang mengikuti PA bervariasi antara + yang paling rendah sampai ++++ yang paling tinggi. PA merupakan system filter sinar UVA dari Jepang; kalau di Amerika, produk sunscreen yang memberi perlindungan terhadap sinar UVA adalah broad spectrum (spektrum luas).

Lebih detailnya, manfaat SPF dan PA untuk mendukung kamu menuju kulit sehat adalah sebagai berikut: 

  • Mencegah kulit terbakar

kamu yang memiliki warna kulit putih dan terang berpotensi untuk mengalami kulit terbakar jika terpapar sinar matahari terik dalam waktu lama. Saat kulit terbakar, kulit akan menjadi kemerahan, terasa perih dan gatal, kulit bengkak, kulit melepuh, serta sel-sel kulit dan skin barrier juga rusak. 

  • Mencegah kulit menggelap

Kulit kamu yang warnanya medium dan gelap memang tidak mudah terbakar sinar matahari. Namun, warna kulit ini cenderung lebih mudah menggelap dan mengalami hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. Akibatnya, kulit wajah jadi belang dan bernoda hitam. Kalau kamu cuek dan tetap tidak memakai sunscreen, maka kulit menggelap ini akan susah hilangnya, lho.

  • Mengurangi risiko kanker kulit

Apakah kamu tahu kalau sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit? Nah, sinar UVA dan UVB sama-sama punya potensi untuk menyebabkan kanker kulit tapi varian yang berbeda. Jenis kanker kulit yang disebabkan sinar UVB jauh lebih berbahaya, yaitu melanoma.

  • Mencegah penuaan dini

Garis-garis halus yang semakin banyak, muncul kerutan dalam, kulit menjadi lebih kering dan kusam, serta berkurang kekencangan dan keelastisannya adalah tanda-tanda penuaan. Jika tanda-tanda ini muncul lebih awal, berarti keinginan menuju kulit sehat jadi terganggu. Penuaan dini bisa dicegah dengan memakai sunscreen secara rutin setiap hari.

  • Secara keseluruhan, membuat kulit menjadi lebih sehat

Saat kulit terlindungi dengan baik dari sinar UV, maka sel-sel kulit, jaringan kolagen dan elastin, serta skin barrier dapat berfungsi normal. Ini penting banget untuk menuju kulit sehat.

Menuju Kulit Sehat dengan Kandungan SPF dan PA di Maybelline Fit Me Fresh Tint

Saat ini, kandungan filter sinar UV di produk-produk make up memang sudah banyak ditemukan. Termasuk di Maybelline Fit Me Fresh Tint, produk face tint terbaru dari Maybelline. Memiliki formula 3-in-1, produk complexion make up ini memberi tiga manfaat bagi kulit wajah kamu, salah satunya adalah perlindungan optimal dari sinar matahari karena dilengkapi dengan filter sinar UV berupa SPF 50 dan PA+++.

Dua manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari alternatif produk foundation ini adalah coverage natural dengan hasil akhir soft matte dan bercahaya yang bisa bertahan seharian. Formulanya ringan sehingga kamu merasa nyaman dan kulit wajah dapat bernapas. Selain itu, Maybelline Fit Me Fresh Tint membantu mencerahkan kulit wajah secara instan dan dari waktu ke waktu karena mengandung serum Vitamin C. Bahan aktif yang sering ditemukan dalam produk skincare ini juga membantu meminimalkan tampilan noda hitam.

Formula Maybelline Fit Me Fresh Tint bersifat comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Keunggulan dari face tint ini adalah bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif. 

Ada lima shade yang tersedia, yaitu 03 untuk warna kulit fair dengan undertone netral, 05 untuk warna kulit fair dengan undertone hangat (kuning), 06 untuk warna kulit medium dengan undertone netral, 07 untuk warna kulit medium dengan undertone hangat (kuning), dan 09 untuk warna kulit gelap dengan undertone netral. 

Melindungi kulit wajah dari sinar UV dari matahari menjadi langkah penting dalam menuju kulit sehat di masa depan. Dengan kandungan filter sinar UV-nya, Maybelline Fit Me Fresh Tint dapat membantu melakukan langkah tersebut. kamu bisa langsung beli face tint ini di website Maybelline Indonesia atau official store Maybelline Indonesia di e-commerce/marketplace. kamu juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.