close
Face Makeup Tutorials

Menyelusuri Lebih Dalam Perbedaan Antara Cushion dan Foundation

New Product 315x472

 

Makeup telah menjadi ritual penting dalam kehidupan banyak orang, dan dalam dunia makeup, foundation dan cushion adalah dua produk yang sering menjadi bahan perbincangan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, serta menyajikan pengalaman yang berbeda bagi pengguna. 

 

Di bawah ini kita akan menggali lebih dalam perbedaan cushion dan foundation, serta melihat bagaimana kedua produk ini dapat memengaruhi penampilan dan kesehatan kulit. 

 

Foundation: Makeup Base yang Tahan Lama 

Foundation telah menjadi tulang punggung dalam dunia makeup sejak lama. Ini adalah produk yang menyediakan makeup base yang tahan lama dan merata untuk aplikasi makeup lainnya. Perbedaan cushion dan foundation yang paling utama adalah dari formulanya. Foundation tersedia dalam berbagai formula, termasuk cair, krim, stick foundation mousse, dan bahkan bubuk, dengan berbagai tingkat coverage yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit individu. 

Jenis-jenis Foundation 

Adapun beberapa jenis foundation yang perlu dipahami, yakni: 

 

1. Liquid Foundation

Foundation cair adalah yang paling umum dan seringkali memberikan coverage yang lebih tinggi. Formula ini biasanya dapat dibangun, artinya dapat menyesuaikan coverage sesuai kebutuhan . Liquid foundation sangat cocok untuk semua jenis kulit, dari kering hingga berminyak. 

 

2. Cream Foundation

Foundation krim memiliki tekstur yang lebih kental daripada foundation cair dan umumnya memberikan coverage yang lebih tinggi. Cocok untuk mereka dengan kulit kering atau dewasa yang membutuhkan kelembapan tambahan. 

 

3. Powder Foundation

 Foundation bubuk cocok untuk mereka dengan kulit berminyak karena dapat membantu menyerap kelebihan minyak. Namun, foundation bubuk sering memberikan coverage yang lebih ringan dan lebih baik digunakan sebagai touch-up atau untuk tampilan makeup yang lebih ringan.

 

4. Stick Foundation

Foundation stick memiliki tekstur yang padat dan seringkali memberikan coverage yang tinggi. Ini adalah pilihan yang baik untuk retouching cepat atau sebagai concealer tambahan. 

 

Cushion: Kombinasi Antara Kebiasaan Tradisional dan Inovasi Modern 

Cushion merupakan inovasi terbaru dalam dunia makeup. Ini adalah foundation cair atau tinted moisturizer yang disimpan dalam wadah yang padat, biasanya dilengkapi dengan spons berpori yang disebut "cushion". Cara penggunaannya adalah dengan menekan spons ke dalam cushion untuk menyerap produk, lalu mengaplikasikannya ke wajah dengan menepuk-nepuk ringan. 

Kelebihan Cushion: 

1. Kemudahan Penggunaan

Cushion sangat mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun. tidak perlu khawatir tentang pemakaian berlebihan karena formula yang disimpan di dalam cushion telah diukur dengan tepat. 

 

2. Portabilitas

Kemasan cushion yang ringkas dan sering dilengkapi dengan cermin serta spons aplikator menjadikannya pilihan yang ideal untuk dibawa dalam tas makeup saat bepergian. Ini memungkinkan untuk touch-up makeup dengan mudah di mana pun berada. 

 

3. Tampilan Alami

Cushion sering memberikan tampilan yang lebih alami dan "no makeup makeup look" karena coverage yang lebih ringan dan tekstur yang ringan. 

 

Kekurangan Cushion: 

Coverage yang Terbatas: Cushion umumnya memberikan coverage yang lebih ringan hingga sedang. Hasil akhis dari pemakaian cushion biasanya terlihat alami. Maka dari itu, perlu beberapa kali pengaplikasian untuk bisa menyamarkan noda hitam.  

 

Daya Tahan yang Rendah: Karena teksturnya yang ringan, cushion cenderung memiliki daya tahan yang lebih rendah daripada foundation. Maka dari itu, penggunanya perlu beberapa kali melakukan touch-up.  

3 Tips Memilih Antara Cushion dan Foundation 

Memilih antara cushion dan foundation tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan kulit, dan gaya hidup . Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan: 

1. Tipe Kulit

Jika memiliki kulit berminyak, foundation bubuk atau cushion dengan formula matte akan lebih cocok untuk tipe kulit tersebut. Sedangkan untuk kulit kering, foundation cair atau krim dengan formula yang melembapkan lebih disarankan. 

 

2. Coverage yang Dibutuhkan

Jika membutuhkan coverage yang tinggi untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit yang signifikan, foundation mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika mencari tampilan yang lebih alami untuk penggunaan sehari-hari, cushion bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. 

 

3. Kemudahan Penggunaan

 Jika mencari produk yang mudah diaplikasikan dan praktis digunakan, terutama saat bepergian, cushion mungkin menjadi pilihan yang lebih baik karena kemasannya yang ringkas dan aplikasi yang cepat. 

 

Foundation dan cushion adalah dua produk dasar dalam dunia makeup yang menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengguna.  

 

Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi sendiri, serta melakukan uji coba untuk menemukan produk yang paling cocok dengan jenis kulit . Ingatlah bahwa makeup tidak hanya tentang menutupi ketidaksempurnaan, tetapi juga tentang meningkatkan kepercayaan diri dan mengekspresikan diri dengan cara yang unik. 

 

Maybelline Fit Me Fresh Tint dan Fit Me Matte + Poreless Cushion 

Maybelline Fit Me Fresh Tint dan Fit Me Matte + Poreless Cushion adalah dua produk dari Maybelline dalam rangkaian Fit Me mereka. Fit Me Fresh Tint adalah tinted moisturizer ringan yang memberikan tampilan kulit yang segar dan alami dengan coverage yang ringan. Sementara itu, Fit Me Matte + Poreless Cushion adalah cushion foundation yang dirancang khusus untuk kulit berminyak.  

 

Maybelline Fit Me Matte + Poreless Cushion 

Maybelline Fit Me Matte + Poreless Cushion adalah cushion foundation yang dirancang khusus untuk kulit berminyak. Formula ringan dari Fit Me Matte + Poreless Cushion membantu mengontrol minyak berlebih dan menyamarkan pori-pori untuk tampilan kulit matte yang mulus. Teksturnya yang ringan membuatnya mudah diaplikasikan dan menyatu dengan kulit. 

 

Cushion ini memberikan coverage yang dapat dibangun, sehingga Anda dapat mengatur coverage sesuai kebutuhan. Meskipun memberikan tampilan matte, cushion ini tetap memberikan hasil yang natural. Daya tahannya yang baik membuat makeup Anda tetap terlihat segar sepanjang hari. 

 

Fit Me Matte + Poreless Cushion hadir dalam kemasan yang praktis dan ringkas, dilengkapi dengan cermin dan spons aplikator yang memudahkan penggunaan saat bepergian. Spons aplikatornya membantu mengaplikasikan produk dengan mudah dan merata. 

 

Maybelline Fit Me Fresh Tint 

Maybelline Fit Me Fresh Tint adalah tinted moisturizer ringan yang sudah mengandung skincare dan SPF 50+++ yang memberikan tampilan kulit yang segar dan alami dengan coverage yang ringan. Produk ini juga merupakan bagian dari rangkaian Fit Me yang terkenal, yang mengutamakan makeup yang menyatu dengan kulit. 

 

Formula dari Fit Me Fresh Tint memberikan kelembapan sepanjang hari dan menyamarkan ketidaksempurnaan kulit dengan lembut. Teksturnya yang ringan membuatnya nyaman digunakan sehari-hari, memberikan kesan kulit yang tampak sehat dan bercahaya. 

 

Fresh Tint memberikan coverage yang ringan dan natural, cocok untuk tampilan sehari-hari yang segar. Tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan warna kulit Anda untuk hasil yang sesuai. 

 

Kemasan Fit Me Fresh Tint juga praktis dan ringkas, membuatnya mudah dibawa saat bepergian. Penggunaannya yang sederhana dan cepat, tanpa perlu alat aplikasi tambahan, menjadikannya pilihan yang ideal untuk penggunaan sehari-hari yang cepat dan efisien. 

 

Kamu bisa mendapatkan kedua produk inisecara online di website resmi dan marketplace/e-commerce resmi Maybelline Indonesia, atau beli langsung di supermarket, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.