Face Makeup Tutorials

Masih Bingung? Ini Cara Menentukan Skin Tone dengan Mudah

Tips Menggunakan Sunscreen dan Foundation untuk Kulit Sensitif

Selain mempertimbangkan jenis dan kondisi kulit, saat kamu memilih produk make up, yang juga harus dipertimbangkan adalah skin tone dan skin undertone. Pilihan varian warna yang sesuai dengan skin tone dan skin undertone akan membuat kulit wajah kamu tampak cerah, bebas kusam, dan secara keseluruhan terlihat cocok. Karena itu, yuk luangkan waktu untuk pelajari cara menentukan skin tone dan skin undertone supaya tidak salah pilih varian warna make up

Memahami Soal Tone Warna Kulit

Mungkin kamu belum paham benar soal skin tone, apalagi banyak informasi membingungkan soal ini. Akibatnya, salah pilih warna make up jadi tak terhindari karena kamu bingung apa tone kulit wajah kamu. 

Skin tone atau warna kulit adalah warna permukaan kulit kamu yang langsung terlihat oleh mata. Skin tone dipengaruhi oleh jumlah melanin, yaitu zat pigmen yang memberi warna kulit dan rambut. Semakin sedikit melanin yang terdapat di permukaan kulit, maka semakin terang warna kulit kamu. Sebaliknya, jumlah melanin yang banyak akan membuat warna kulit semakin gelap.

Faktor genetik sangat mempengaruhi warna kulit. Walaupun begitu, warna kulit bisa berubah akibat pengaruh lingkungan, misalnya paparan sinar matahari. Kalau kamu senang beraktivitas di luar ruangan, kulit wajah dan tubuh bisa menjadi lebih gelap karena banyak terpapar sinar matahari. Selain itu, warna kulit juga bisa berubah karena pertambahan usia serta karena pemakaian produk skincare

Cara Menentukan Skin Tone Wajah

Warna kulit yang umum itu ada empat, yaitu light (putih), fair (terang), medium, dan dark (gelap). Jadi sebenarnya warna kulit kuning langsat dan sawo matang itu hanya sebutan di Indonesia saja. Kalau disesuaikan, warna kulit kuning langsat itu masuk dalam kategori fair, sedangkan sawo matang masuk kategori medium-dark

Selain pembagian warna kulit di atas, ada juga lho, pembagian yang disebut dengan Skala Fitzpatrick yang didasarkan pada respon kulit terhadap sinar UV. Kalau berdasarkan skala ini, warna kulit dibagi menjadi enam tipe, yaitu:

  • Tipe I: Kulit putih pucat. Kulit tipe ini sangat mudah terbakar sinar matahari tapi tidak menggelap (tan). 
  • Tipe II: Kulit terang cenderung putih. Kulit tipe ini mudah terbakar dan bisa menggelap sedikit.
  • Tipe III: Kulit terang cenderung gelap. Biasanya menggelap setelah terbakar.
  • Tipe IV: Kulit cokelat muda. Tak mudah terbakar tapi mudah menggelap.
  • Tipe V: Kulit cokelat tua. Jarang terbakar tapi mudah menggelap.
  • Tipe VI: Kulit gelap. Hampir tidak pernah terbakar tapi sangat mudah menggelap.

Menurut para ahli kulit, kulit orang Indonesia dominan ada di tipe III dan IV, karena tidak benar-benar terang tapi juga tidak gelap. Nah, kalau kamu penasaran cara menentukan skin tone wajah kamu, coba cara mudah berikut:

  • Melihat warna kulit di garis rahang. Warna kulit di bagian wajah ini paling sedikit terpengaruh oleh lingkungan dan faktor-faktor lain yang menyebabkan perubahan warna. Cara menentukan skin tone ini paling mudah: cukup cuci wajah kamu, lalu lihat warna kulit di garis rahang di bawah cahaya alami matahari. Tinggal ditentukan saja apakah warnanya light, fair, medium, atau dark
  • Melihat kondisi kulit wajah setelah terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama tanpa perlindungan sunscreen. Ini bisa jadi cara mengetahui skin tone kulit menggunakan Skala Fitzpatrick.
  • Mencoba varian warna produk make up, baik yang light, fair, medium, atau dark. Walau tidak sama persis, tapi warna yang paling mendekati warna kulit kamu bisa menjadi gambaran tentang warna kulit kamu pada saat itu. 

Ketahui Juga tentang Skin Undertone

Selain paham cara menentukan skin tone, kamu sebaiknya juga paham tentang skin undertone. Walau kamu sudah menemukan warna make up yang paling cocok dengan warna kulit, tapi kalau tidak sesuai dengan undertone kulit, maka kulit wajah bisa terlihat kusam. 

Berbeda dengan skin tone yang terletak di permukaan kulit, skin undertone adalah warna yang terdapat di bawah permukaan kulit, sehingga seperti memberi rona ke kulit wajah. Skin undertone juga ditentukan secara oleh genetik dan tidak dapat berubah karena faktor apa pun. Kalau warna kulit ada banyak variannya, maka undertone kulit yang paling umum ada tiga, yang undertone dingin, hangat, dan netral.

Cara menentukan cool tone atau warm tone kulit adalah dengan melihat warna pembuluh darah di bagian dalam pergelangan tangan. Jika warna kebiruan atau ungu, berarti kamu memiliki undertone dingin, warna kehijauan berarti undertone hangat, dan paduan warna keduanya berarti undertone netral. Undertone dingin biasanya memiliki rona kulit pink, biru, dan kemerahan, sementara undertone hangat ditandai dengan rona kulit yang kuning, peachy, dan keemasan. Undertone netral biasanya memiliki campuran dari warna-warna ini.

Memilih Maybelline Fit Me Fresh Tint sesuai Skin Tone dan Skin Undertone

Setelah paham cara menentukan skin tone dan skin undertone, percaya deh, kamu tidak akan bingung lagi menentukan warna make up yang paling cocok untuk kulit wajah. Terutama untuk complexion make up seperti primer, foundation, concealer, bedak, atau yang lagi tren saat ini: face tint

Mengetahui skin tone dan skin undertone akan membuat kamu lebih mudah menemukan shade dari face tint terbaru Maybelline Fit Me Fresh Tint. Ada lima shade yang tersedia, yaitu 03 untuk warna kulit fair dengan undertone netral, 05 untuk warna kulit fair dengan undertone hangat (kuning), 06 untuk warna kulit medium dengan undertone netral, 07 untuk warna kulit medium dengan undertone hangat (kuning), dan 09 untuk warna kulit gelap dengan undertone netral. 

Maybelline Fit Me Fresh Tint bisa kamu jadikan alternatif produk foundation untuk pemakaian sehari-hari. Face tint ini punya formula 3-in-1 yang memberi tiga manfaat bagi kulit wajah kamu. Manfaat pertama adalah coverage natural dengan hasil akhir soft matte dan bercahaya yang bisa bertahan seharian. Formulanya ringan sehingga kamu merasa nyaman dan kulit wajah dapat bernapas.

Manfaat kedua dari formula Maybelline Fit Me Fresh Tint adalah membantu mencerahkan kulit wajah secara instan dan dari waktu ke waktu karena mengandung serum Vitamin C. Bahan aktif yang sering ditemukan dalam produk skincare ini juga membantu meminimalkan tampilan noda hitam. Sedangkan manfaat ketiga adalah memberi perlindungan optimal dari sinar matahari karena dilengkapi dengan UV filter berupa SPF 50 dan PA+++.

Formula Maybelline Fit Me Fresh Tint bersifat comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Keunggulan dari face tint ini adalah bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif. 

Tak sulit bukan, cara menentukan skin tone dan skin undertone? Selain menentukan varian shade Maybelline Fit Me Fresh Tint, kamu bisa juga menentukan warna produk complexion make up lainnya dari Maybelline. Untuk mendapatkan face tint kekinian ini, langsung aja kamu beli di website Maybelline Indonesia atau official store Maybelline Indonesia di e-commerce/marketplace. kamu juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.